Membuat Sistem Komentar dengan Opsi Hapus menggunakan PHP dan JQuery

Kita telah melihat banyak contoh kode untuk membuat sistem komentar menggunakan PHP. Pada artikel ini, kita akan menerapkan sistem komentar PHP dengan opsi hapus. Kode ini akan memberi Anda ide awal untuk mulai menyesuaikan sistem komentar Anda sendiri untuk aplikasi Anda.

Dalam contoh kode ini, saya menggunakan jQuery AJAX untuk melakukan tindakan menambah atau menghapus komentar. Setelah melakukan tindakan ini, daftar komentar dinamis akan diperbarui di UI tanpa penyegaran halaman. 

Antarmuka Sistem Komentar dengan Opsi Hapus

Kode ini berisi HTML untuk membuat antarmuka pengguna dari sistem komentar dengan delete. Di antarmuka pengguna ini, formulir HTML akan ditampilkan untuk mendapatkan nama pengguna dan komentar yang akan diposting.

Dengan memposting data formulir komentar, permintaan AJAX akan dikirim untuk menambahkan komentar pengguna ke database. Kemudian UI akan diperbarui dengan menunjukkan komentar terbaru yang diposting oleh pengguna. Juga, jumlah total komentar akan ditampilkan dan diperbarui sesuai dengan komentar yang masuk.

Di bawah formulir komentar, daftar data komentar ditampilkan dengan opsi hapus. Hapus adalah kontrol tindakan yang dapat diklik yang akan memanggil fungsi hapus jQuery AJAX pada setiap kliknya.

Fungsi jQuery untuk Menambahkan Hapus Komentar

Skrip jQuery ini berisi fungsi untuk menambah dan menghapus komentar tergantung pada permintaan tindakan oleh pengguna.

Saat mengirimkan formulir komentar, tindakan addComment akan dilakukan melalui AJAX. Sebelum memanggil skrip AJAX bidang formulir komentar divalidasi dengan menggunakan jQuery. Semua bidang formulir harus dimasukkan dengan nilai. Setelah bidang ini berhasil divalidasi, maka tindakan tambah akan dilakukan.

Komentar yang ditambahkan akan diambil dari database untuk membentuk HTML tanggapan untuk memperbarui UI. Setiap baris komentar akan berisi opsi untuk menghapus komentar itu.

Pada mengklik penghapusan komentar, kotak konfirmasi JavaScript akan ditampilkan kepada pengguna. Setelah pengguna mengonfirmasi tindakan hapus maka comment-delete.php akan diakses melalui AJAX untuk mengeksekusi kueri penghapusan pada komentar tertentu.

Kode PHP yang diakses melalui AJAX pada Tambah dan Hapus Komentar

Di bagian ini, kita akan melihat kode PHP untuk comment-add.php dan comment-delete.php. Pada acara ajukan formulir skrip AJAX dipanggil dan akses comment-add.php.

Dalam file comment-add.php, ia menerima nama pengguna dan pesan yang diposting oleh pengguna. Menggunakan parameter ini, ia menghasilkan permintaan INSERT dan mengeksekusinya untuk menambahkan komentar ke database.

Setelah memasukkan komentar, komentar yang baru-baru ini ditambahkan diambil untuk membentuk HTML tanggapan. Respons HTML akan berisi deretan komentar yang baru ditambahkan dengan nama pengguna, pesan, dan opsi hapus

comment-add.php

Demikian pula, comment-edit.php dipanggil melalui jQuery AJAX pada fungsi deleteComment () yang didefinisikan dalam contoh ini. Fungsi ini akan dipanggil mengklik tautan hapus yang ada di setiap baris komentar.

Di comment-delete.php, id komentar diterima dari daftar parameter permintaan AJAX. Dengan referensi id ini, DELETE akan dilakukan untuk menghapus catatan tertentu dari database.

comment-delete.php

Kode Database untuk Membuat Tabel tbl_user_comments

Script database berikut digunakan untuk membuat struktur tbl_user_comments ke database Anda. Impor skrip ini dan modifikasi konfigurasi basis data di db.php untuk menjalankan contoh ini di lingkungan PHP Anda.

Demikan cara membuat sistem komentar dengan opsi hapus menggunakan PHP dan JQuery. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *