Membuat Grafik dengan PHP menggunakan JPGRAPH – Bagian 1 : Grafik Pie

Sebuah website yang memiliki data-data angka untuk ditampilkan biasanya menyajikannya dalam bentuk tabel. Namun apabila tabel tersebut berisikan data yang jumlahnya sangat banyak, pembaca akan sulit untuk menafsirkannya. Maka dari itu dibuatkanlah sebuah grafik untuk menyajikan data-data tersebut yang fungsinya untuk mempermudah pembacaan data dan juga untuk memperindah tampilan. Sekarang kita akan belajar membuat grafik dengan PHP menggunakan JPGRAPH – bagian 1 : grafik pie.

Bagian pertama dari tutorial ini adalah membuat grafik yang berbentuk seperti kue atau biasa disebut dengan grafik pie. Salah satu library yang menurut saya cukup powerfull dan juga cantik untuk mendukung pembuatan grafik dalam website adalah JPGRAPH. Anda dapat mengunduh library tersebut di www.jpgraph.net. Setelah diunduh tempatkan dalam satu folder dengan file php yang lain. O iya.. lisensi JPGRAPH ini adalah free alias gratis untuk tujuan non komersial. Namun jika anda ingin menggunakannya untuk kepentingan komersial silakan unduh yang versi pro nya ya.

Gambar di bawah adalah contoh dari tampilan grafik pie sederhana yang dibuat dengan menggunakan JPGRAPH :

Cara membuatnya yaitu buat file php yang kita beri nama sesuai dengan keinginan. Dalam contoh ini saya memberi nama simple_pie.php

Untuk membuka tampilan grafik pie yang telah kita buat, silakan eksekusi simple_pie.php pada localhost menggunakan browser anda.

Demikianlah tutorial membuat grafik dengan PHP menggunakan JPGRAPH – bagian 1 : grafik pie. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *